free web tracker
Home Blog Strategi Branding Produk

Strategi Branding Produk Online Agar Dikenal Calon Pelanggan Anda

strategi branding produk
Strategi Branding Produk online Definisi, Jenis, Manfaat, dan Cara Branding agar Dikenal Konsumen - Mengenalkan produk adalah proses cukup sulit yang harus dilakukan selama merintis usaha. Bagi perusahaan besar ternama, branding produk adalah perkara yang sangat mudah dilakukan.
Sebaliknya bagi usaha kecil, branding produk sangat sulit dilakukan. Terutama jika produk yang Anda pilih memiliki kompetitor besar yang cukup banyak, proses branding semakin sulit dilakukan. Meski sulit, bukan berarti jika branding tidak dapat dilakukan.
Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk proses branding produk sehingga dapat dikenal, diminati, dan dibutuhkan konsumen.

Apa Itu Branding Produk ?

Branding adalah sebuah kegiatan komunikasi untuk mempertahankan dan memperkuat sebuah brand dengan tujuan untuk memberikan perspektif kepada tiap-tiap orang yang melihatnya.
Branding sendiri berkaitan erat dengan istilah, tanda, simbol, ciri visual, citra, karakter, perspepsi, kredibilitas, serta kesan di benak pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Kehadiran branding sendiri akan membantu setiap pemilik bisnis untuk bisa lebih berbeda dan menonjol dari para kompetitor.

Jenis Branding Produk,Apa Saja?

  1. Cultural branding adalah pemberian identitas sesuai budaya, kebiasaan suatu bangsa, lokasi, atau orang-orang asalnya. Contoh: orang Jepang terkenal disiplin dari segi waktu.
  2. Destination branding adlaah menggambarkan identitas, negara, kota, daerah, dan wilayah tertentu, yang biasanya dimanfaatkan untuk kebutuhan promosi pariwisata. Contoh: Enjoy Jakarta dan Wonderful Indonesia.
  3. Personal branding Branding ini ditujukan untuk perseorangan. Contoh: Jackie Chan adalah seorang artis laga.
  4. Corporate branding Aspek untuk jenis branding ini berkaitan dengan produk yang ditawarkan, bagaimana cara komunikasi ke pelanggan, hingga kontribusi perusahaan terhadap masyarakat. Contoh: Moka adalah startup platform penyedia satu solusi untuk semua kebutuhan mulai dari pencatatan penjualan dengan aplikasi kasir hingga omnichannel sales.
  5. Product branding identitas yang diberikan kepada produk guna memengaruhi keputusan konsumen untuk membelinya. Contoh: Moka Capital adalah platform untuk mendapatkan pendanaan usaha lewat Moka Capital Lending dan Moka Capital Investment.

Manfaat Branding Produk,Apa Saja?

1. Menarik konsumen untuk membeli produk Anda
2. Meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau bisnis Anda
3. Membuka peluang untuk menetapkan harga jual yang tinggi
4. Menonjolkan keungulan produk dibandingkan kompetitor
5. Melakukan diferensiasi produk

Strategi Branding Produk Agar Mudah Dikenal Konsumen

strategi branding produk

1.Kualitas Produk

Dari sudut pandang konsumen, produk yang dibuat oleh perusahaan ternama tentu lebih layak dipilih dibandingkan produk yang dibuat oleh perusahaan kecil.
Hal ini dapat dilihat pada daya beli konsumen yang sangat besar terhadap salah satu merek besar air mineral, sementara sangat sedikit yang memilih air mineral dengan merek lainnya. Penting memastikan kualitas produk yang Anda miliki sama dengan kualitas produk yang dibuat oleh kompetitor Anda.
Kualitas produk terbaik dapat menjadi cara branding yang sangat kuat. Tidak bisa dimungkiri bahwa kualitas produk akan menentukan tingkat kepuasan konsumen.
Dengan begitu, jika Anda tidak memiliki produk yang berkualitas, jangan berharap untuk bisa melakukan proses branding yang maksimal. Kualitas produk terbaik akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi produk Anda dibandingkan dengan produk lain yang dibuat kompetitor.

2.Kemasan Yang Menarik dan Unik

Selain kualitas produk terbaik, membuat kemasan yang menarik dan unik juga dapat mengenalkan produk pada konsumen. Bagi konsumen, tidak ada tempat untuk memastikan apakah produk yang Anda miliki berkualitas atau tidak.
Hal pertama yang selalu menarik minat konsumen adalah desain kemasan yang menarik dan unik. Desain kemasan yang menarik dan mampu melindungi produk dengan baik akan meningkatkan minat konsumen.
Saat belanja konsumen tidak memiliki waktu untuk menilai kualitas produk selain dari detail informasi yang Anda berikan pada kemasan.
Dengan demikian, kemasan yang menarik dan unik akan membuat konsumen langsung tertarik dan berminat untuk memilih produk Anda. Selanjutnya dari kemasan yang menarik ini, konsumen akan membaca detail informasi produk yang ada pada kemasan sehingga tartarik untuk membeli produk milik Anda.

Membuat Iklan,Kuis dan GiveAway

Iklan adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk proses branding sehingga produk lebih banyak dikenal dan diminati masyarakat. Bagi perusahaan besar, membuat iklan produk adalah perkara cukup mudah yang tidak menghabiskan banyak biaya.
Namun bagi perusahaan kecil, pembuatan iklan ini justru dapat membuat biaya pemasaran semakin meningkat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat iklan digital dengan memanfaatkan media online.
Iklan digital ini dibuat dengan biaya yang cukup terjangkau, sehingga beban branding yang harus ditanggung tidak terlalu besar. Mengingat iklan digital ini dibuat dengan memanfaatkan media online, sasaran konsumen akan lebih banyak.
Hal ini akan berdampak pada semakin banyak orang yang mengenal dan berminat pada produk Anda. Media online yang dapat Anda manfaatkan untuk iklan digital ini antara lain sosial media, blog atau website hingga Google Adsense.

4.Mengikuti Pameran

Cara lain yang cukup efektif sebagai branding adalah dengan mengikuti berbagai pameran. Tentunya pameran yang Anda ikuti harus sesuai dengan identitas produk Anda.
Semisal produk yang Anda jual adalah makanan, Anda dapat mengikuti pameran budaya hingga pameran kuliner nusantara yang memberikan spot khusus untuk stand makanan. Keberadaan stand sangat penting untuk memperkenalkan produk Anda selama pameran atau festival.
Fungsi stand pameran ini adalah untuk memastikan produk yang Anda jual dapat dilihat pengunjung. Sangat penting untuk memastikan stand yang Anda buat menarik, unik dan mencerminkan produk Anda.
Desain stand hingga cara display produk akan membuat banyak pengunjung tertarik dengan produk yang Anda jual. Hal ini akan berdampak pada popularitas, minat dan kebutuhan konsumen pada produk yang Anda pasarkan.

Tips Membangun Branding Produk Yang Baik

tips branding produk

1.Menganalisis Audiens dan Pesaing Anda

Memasarkan produk pada target audiens yang tepat tentunya bisa membuat Anda lebih mudah dalam mendapatkan keuntungan dan penjualan juga jadi lebih banyak. Ada banyak cara untuk bisa menganalisis audiens atau target pemasaran Anda, salah satunya dengan cara mencari tahu melalui pesaing atau kompetitor.
Coba Anda cari pesaing yang sudah lebih dulu melakukan bisnis yang serupa dengan Anda. Ini bisa Anda lakukan dengan cara mencari melalui website atau akun media sosial mereka. Dari sana, Anda bisa tahu siapa saja yang mengikuti dan menggunakan produk mereka kalau dilihat dari usia, profesi, kebiasaan-kebiasaan pelanggan. Ini cara tercepat untuk menganalisis behaviour pelanggan dan lalu memanfaatkannya untuk program promosi dan branding produk Anda.

2.Nama Brand Produk Menarik dan Mudah Diingat

Untuk membangun branding produk yang melekat dalam benak dan pikiran pelanggan,Anda tidak boleh lupa untuk membuat nama brand yang menarik dan mudah diingat. Nama brand tentunya harus mewakili produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, akan lebih baik lagi jika nama tersebut memiliki hal yang unik dan meninggalkan kesan mendalam.
Penggunaan nama brand yang unik tentu bisa lebih mudah menarik perhatian pelanggan, namun tetap harus mudah diucapkan. Untuk mendapatkan nama ini, Anda bisa mencari inspirasi dari berbagai nama brand yang sudah ada, tetapi harus dimodifikasi, diubah atau dikombinasi, bahkan disesuaikan dengan ciri khas dari perusahaan Anda sendiri. Hindari menggunakan nama yang mirip dengan nama dari brand lain. Jika Anda kesulitan untuk menentukan nama brand Anda sendiri, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan brand consultant atau digital agency yang terbiasa dalam mengelola branding companies.

3.Membuat Slogan dan Tagline Yang Menarik

Tidak hanya nama brand saja yang penting dalam melakukan branding produk, namun juga slogan produk. Ketika nama produk mencerminkan produknya, maka slogan produk seolah memberi penjelasan lebih detail mengenai produk tersebut. Maka dari itu, pemilihan slogan yang mewakili produk sangat penting untuk Anda lakukan.
Anda bisa menggunakan pilihan kata yang sederhana tapi merangkum keseluruhan arti dari brand yang ingin Anda kembangkan. Anda juga bisa membuat slogan dalam bentuk lagu pendek atau jingle yang menyenangkan dan menarik perhatian. Dengan demikian pelanggan bisa mengerti maksud dari hadirnya produk Anda hanya dengan membaca atau mendengar slogannya saja. Contoh brand awareness yang berhasil dari adanya slogan, antara lain, connecting people. Bisakah Anda tahu slogan ini langsung mengingatkan Anda pada nama brand apa?

4.Membuat Logo Brand Produk Yang Unik

Hal yang tak kalah penting saat melakukan branding produk adalah mendesain logo brand. Dalam pembuatan logo, Anda bebas mencantumkan kata, gambar, dan angka untuk menjadi satu kesatuan logo. Pemilihan warna dan bentuk juga menjadi bagian penting dari desain logo, sebab nantinya warna yang digunakan pada logo Anda akan menjadi identitas branding produk tersebut. Seperti warna logo operator telekomunikasi yang ada di Indonesia yang dominan berwarna merah, kuning dan biru. Anda pasti langsung tahu masing-masing nama brand-nya.
Merancang logo sebaiknya sesuai dengan filosofi dan keinginan Anda serta hubungkan pula dengan pemilihan nama brand yang sudah Anda tentukan. Meskipun tampak sepele, logo brand perlu memiliki arti tersendiri yang mendalam sehingga mudah diingat oleh pelanggan. Agar secara keseluruhan pembuatan dan membangun branding produk bisa maksimal, tak ada salahnya Anda melakukan survei terlebih dulu dengan menggunakan brand design agency terpercaya agar proses membangun branding produk yang melekat di hati pelanggan bisa Anda lakukan dengan sebaik mungkin.