Home Blog Contoh CV

10+ Contoh CV Yang Menarik Baik dan Benar

Contoh CV menarik

Apa Itu CV Curriculum Vitae?

CV adalah dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja. Informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain.
Diterjemahkan dari Bahasa Latin, pengertian CV adalah "perjalanan hidup saya." Karena ditujukan untuk melamar pekerjaan, isi CV harus memuat informasi yang mampu menggambarkan pengalaman profesional dan akademis kita.

Informasi Yang Harus Ada di Dalam CV

Sepeerti yg telah dijelaskan, isi CV harus menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman profesional kita. Maka dari itu, yang wajib dicantumkan dalam CV adalah:
1. data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email
2. riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar
3. pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang
4. keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.
Poin-poin penting isi CV di atas dicantumkan secara kronologis. Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan pada setiap poin, sehingga perjalanan hidupmu tergambar lengkap dan jelas. Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.

CV Lamaran kerja Yang Baik dan benar

Bagian-bagian penting dari isi CV di atas memang tak boleh ditinggalkan, tapi kita dapat menambahkan keterangan yang mendukung citra profesional tanpa mengaburkan format CV itu sendiri. Dan jangan lupa, Sobat. Format CV juga harus tampak menarik. Bukankah pelamar kerja bukan hanya kita? You need to make yourself standout among the crowd!
Itulah sebabnya, selain belajar tentang bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar, kita juga harus tahu bagaimana membuat CV yang menarik. Tapi seperti apa sih, CV keren dan menarik itu?
Berikut ini beberapa contoh Curriculum Vitae sebagai referensi yang dapat kita pelajari. Tentu saja, Sobat Pintar dapat menyesuaikan contoh-contoh di bawah ini saat membuat CV yang menarik menurut versimu sendiri.

Cara Membuat CV Online Dengan CANVA

Cara membuat CV lamaran kerja

Buka Canva

Buka Canva atau buka aplikasinya, lalu masuk atau daftar untuk akun baru menggunakan email, profil Google, maupun Facebook. Cari “Daftar riwayat hidup” untuk mulai membuat desain.

Pilih Template Yang Tepat

Pilih dari ribuan template daftar riwayat hidup yang didesain secara profesional. Pilih dari gaya seperti layout modern atau sederhana, atau industri seperti akting, desain grafis, maupun tata letak perusahaan lainnya.

Customize Halaman CV Anda

Setelah memilih template, gunakan alat bantu desain tarik dan lepas dari Canva untuk menyesuaikan daftar riwayat hidup Anda. Ubah font, teks, dan warna hanya dalam beberapa kali klik. Unggah foto Anda sendiri, lalu atur ulang setiap dan semua elemen sesuka Anda.

Gunakan Fitur Desain Untuk Membuat CV Menarik

Pangkas, luruskan, gunakan filter foto, dan beri tekstur pada gambar Anda. Gunakan skema warna, gaya font, latar belakang, dan layout teks Anda. Tambahkan garis tepi, bingkai, dan elemen lainnya untuk menjadikan daftar riwayat hidup Anda menonjol.

Pesan Hasil Cetak

Cetak daftar riwayat hidup dalam kualitas tinggi dengan memesannya di Canva Print. Gratis biaya pengiriman. Atau, simpan desain dalam format PDF, JPG, maupun PNG. Ingat, Anda dapat selalu mengedit desain kapan pun.

Contoh CV Yang Menarik

Bagaimana membuat Curriculum Vitae Yang Menarik? Pertanyaan tersebut banyak ditanyakan oleh para pelamar kerja. Dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa tips penting bagaimana membuat sebuah CV menari.
Hal Penting yang harus anda perhatikan dalam membuat CV Yang Menarik adalah :
  1. Foto diri anda wajib ada dan usahakan foto tersebut adalah foto terbaru.
  2. Tuliskan Bio Data dengan lengkap jelas dan update seperti alamat tempat tinggal, no telp yang bisa dihubungi.
  3. Cantumkan Pengalaman Organisasi, hal ini akan membantu HRD dalam menilai karakter anda.
  4. Cantumkan Pengalaman Kerja yang relevan. Anda tidak perlu mencantumkan pengalaman kerja yang tidak berhubungan dengan posisi yang anda lamar.
  5. Gunakan maksimal 3 warna dalam desain CV.

Contoh CV Mahasiwa

Sebagai mahasiswa, kita terkadang bingung kenapa sudah melamar ke banyak perusahaan untuk magang atau kerja part-time tapi tidak kunjung dapat balasan. Nah, lebih baik kamu melihat contoh CV mahasiswa yang menarik dan meyakinkan dulu.
Selalu ingat bahwa CV adalah pintu yang akan membawa kita kepada pekerjaan impian kita, jadi kita tidak boleh sembarangan dalam membuatnya.
Apabila kamu menggunakan template yang sama dengan banyak orang lainnya, CV kamu akan menjadi tidak menarik.
Lalu, apa saja sih yang harus kita cantumkan dalam CV mahasiswa?
Apa Saja yang Harus Dicantumkan?
1. Kelengkapan data diri
Data diri merupakan salah satu elemen yang sangat penting di dalam CV mahasiswa.
Contoh data penting untuk kamu cantumkan di dalam CV mahasiswa kurang lebih meliputi: nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, serta email.
Pastikan nomor telepon dan email yang kamu cantumkan dapat dihubungi.
2. Penjelasan yang tidak bertele-tele
Memiliki prestasi segudang memang membanggakan dan tidak ada salahnya. Akan tetapi, tidak semuanya perlu kamu cantumkan saat membuat CV.
Informasi yang terlalu banyak dan tidak berkaitan akan menurunkan keunggulan lainnya yang ingin kamu tunjukkan.
Ada baiknya jika kamu membuat CV mahasiswa yang langsung sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar.
Prestasi dan pengalaman kerja atau organisasi yang tidak sesuai atau berhubungan langsung, bisa kamu simpan dulu untuk yang lainnya.
3. Isi data pendidikan
Data pendidikan adalah salah satu hal yang perlu ditekankan saat menulis CV mahasiswa. Ada beberapa hal penting yang perlu dicantumkan saat menulis riwayat akademik di dalam CV.
Sebagai contoh, kamu harus menuliskan nama kampus dan jurusan yang ditempuh dalam CV mahasiswa. Selain itu, tuliskan pula capaian selama kuliah termasuk IPK.
Jika memiliki pengalaman kursus atau pelatihan yang relevan dengan pekerjaaan yang dilamar, kamu juga bisa menuliskannya di sini.
4. Pengalaman organisasi atau magang
Memiliki pengalaman organisasi atau magang bisa menjadi salah satu nilai unggul untuk dirimu. Biasanya, HRD akan menilai kamu lebih jika kamu sudah memiliki pengalaman sebelumnya.
Selain itu, pengalaman organisasi bisa membuat kamu belajar bagaimana bekerja dalam tim dan dengan berbagai macam karakter orang.
Meski demikian, tetap tenang jika kamu kurang dalam kedua hal ini. Kamu masih bisa menambah peluangmu dalam skill yang kamu miliki.
5. Prestasi dan skill
Walaupun ada banyak kemampuan yang kamu miliki, bukan berarti semuanya harus dicantumkan dalam CV. Hal ini terlihat misalnya dalam contoh CV mahasiswa dari The Balance Careers.
Pilih saja skill yang paling relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.
Nah, sama halnya dengan prestasi, jika tidak ada kaitannya dengan pekerjaan, lebih baik tidak perlu dicantumkan.
Misalnya, prestasi dalam bermain piano atau lomba berenang tak perlu disebutkan jika kamu melamar untuk posisi programmer.